KB GRATIS GOES TO CAMPUS


 Sebagai salah satu bentuk pengabdian STIKES Muhammadiyah Pekajangan terhadap kesehatan masyarakat, maka STIKES Muhammadiyah Pekajangan mengadakan kegiatan KB gratis bagi masyarakat dan Kuliah umum bagi mahasiswa. Kegiatan yang dipimpin oleh Ibu Rini, dosen DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini bekerjasama dengan BKKBN Propinsi dan Aisyah.

Pengertian KB menurut Undang-undang No. 10/1992 merupakan upaya peningkatkan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia sejahtera. Sedangkan menurut WHO (Expert Committe, 1970), KB adalah tindakan yang membantu individu/ pasutri untuk: Mendapatkan objektif-obketif tertentu, menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, mendapatkan kelahiran yang diinginkan, mengatur interval diantara kehamilan dan menentukan jumlah anak dalam keluarga. Dengan adanya kegiatan KB gratis yang dilakukan STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini, maka diharapkan mampu memberikan sosialisasi yang memadai akan pentingnya KB kepada masyarakat dan juga memberikan fasilitas bagi warga yang ingin KB namun tidak memiliki biaya.
 

Menurut Ibu Sandi yang juga merupakan dosen DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini, mengatakan bahwa kegiatan KB gratis untuk masyarakat yang dilaksanakan di kampus satu STIKES Muhammadiyah Pekajangan lengkap. Dalam artian, segala jenis KB lengkap disediakan. Mulai dari pil, suntik, IUD, implant dan lain-lain. Sehingga masyarakat dapat memilih program KB apa yang diinginkannya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Dalam pelaksanaan pemasangan KB pada masyarakat selain dilakukan oleh tenaga medis dan dosen juga dibantu oleh mahasiswa DIII Kebidanan jalur khusus yang sudah berkompeten dan mahasiswa DIII Kebidanan reguler yang aktif dalam kepengurusan PIK KIR. Menurut Intan, ketua PIK KIR kegiatan KB yang dilaksanakan di kampus satu itu berjalan lancar. Acseptor yang menerima KB cukup atusias dalam kegiatan ini. Kegitannya berjalan lancar dan menyenangkan. Ungkapnya.

Di tempat terpisah, yakni aula kampus dua STIKES Muhammadiyah Pekajangan diadakan kuliah umum yang bertajuk “Program KB Indonesia Menuju MDGs 2015”. Kegiatan yang terlaksana dengan kerjasama BKKBN Provinsi dan STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini diikuti mahasiswa baik dari prodi DIII Keperawatan, DIII Kebidanan maupun S1 Keperawatan.
 

 Selama jalannya kuliah umum, mahasiswa cukup antusias didalamnya. Banyak pertanyaan seputar KB yang dilontarkan oleh mahasiswa. Edi Susilo misalnya, presiden mahasiswa ini bertanya tentang keterkaitan program jampersal dan KB. Pertanyaan yang hampir serupa juga disampaikan oleh Jalu Yoga, mahasiswa S1 Keperawatan, bahwa ada indikasi program jampersal menjadi program yang melemahkan atau bahkan menggagalkan program KB. Selain mereka berdua juga masih banyak penanya lain, seperti Khakim, mahasiswa DIII Keperawatan dan Rizky Aji, mahasiswa DIII Kebiadanan.
Sayangnya Dra, Sri Murtiningsih, Ms tidak dapat menghadiri kuliah umum ini sebagai pembicara karena ada urusan. Kuliah umum kemudian digantikan di isi oleh Bapak Agus, selaku asistant Dra, Sri Murtiningsih, Ms.
“Saya salah persepsi, saya pikir materi yang disampaikan adalah tentang prosedur pemasangan atau pun yang terkait dengan kesehatan ibu terkait pemasangan KB. Tetapi sepertinya ini sekedar pemaparan data statistik saja. Setelah melihat data-data yang ada, kesimpulan saya atas kuliah umum ini adalah ‘KB itu penting!’. Hehehe...” ungkap Viky Yayang Dika, mahasiswa S1 Keperawatan kepada Zasshi.

Kutipan Al-Quran :

"Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (Q.S At-Talaq: 4)"

Berita Lain