Launching Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Akhirnya pada bulan Januari 2012 Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan sudah berhasil diselesaikan, dimana dalam proses pengerjaan elearning ini membutuhkan waktu hampir 3 bulan.

E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Di Amerika serikat sistem pembelajaran eLearning ini tidak hanya digunakan pada Universitas tetapi sudah mulai diterapkan pada tingkat K-12 (SMP – SMA). Di Indonesia saat ini hanya diterapkan pada sistem pendidikan tingkat Universitas.

Berikut ini adalah contoh elearning di perguruan tinggi ternama di Indonesia :

  1. http://kulon.undip.ac.id/ (UNDIP)
  2. http://scele.cs.ui.ac.id/ (Universitas Indonesia)
  3. http://elisa.ugm.ac.id/ (UGM)
  4. http://elearning.unpad.ac.id  (UNPAD)
  5. http://ilmo.unnes.ac.id (Unnes)

Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan akan diberi nama "Elsima" yang merupakan kepanjangan dari Elearning System Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Elsima ini ditujukan untuk membantu civitas akademik menyelenggarakan pembelajaran melalui internet. didalam elsima ini mahasiswa dapat mengakses materi-materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen, mengunduh materi kuliah, mengunggah tugas, berdiskusi maupun  mengerjakan kuis. Dengan adanya fasilitas Elsima ini diharapkan mampu membantu dalam proses pembelajaran guna meningkatkan prestasi akademik mahasiswa tanpa menggangu proses perkuliahan yang sudah ada.elsima dapat diakses melalui

http://elsima.stikesmuh-pkj.ac.id

diharapkan bagi mahasiswa mampu memberikan saran yang membangun dengan mengisikan saran dan kritik di website simasmu. elsima dapat mulai digunakan pada awal semester genap. 

Kutipan Al-Quran :

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya bershaf-shaf (bersusun, berbaris-baris) seolah mereka adalah bangunan yang tersusun kokoh." (As-Shaff : 4)

Berita Lain