Kuliah Umum Deteksi Dini Autime

Autisme dapat terjadi pada seluruh anak dari berbagai tingkat sosial dan kultur. Hasil survei yang dimbil dari beberapa negara menunjukkan bahwa 2-4 anak per 10.000 anak berpeluang menyandang autime dengan rasio 3 : 1 untuk anak laki-laki dan perempuan. Dengan arti kata anak laki-laki lebih rentan menyandang autisme dibandingkan anak perempuan,namun anak perempuan yang kena akan menunjukkan gejala yang lebih berat. Para ahli memprediksi bahwa kuantitas anak autisme pada tahun 2010 akan mencapai 60 % dari keseluruhan popoulasi anak diseluruh Dunia (Hembing,2004)

Prevalensi anak autisme semakin bertambah. Pada awal tahun 2002 di Inggris dilaporkan angka kejadian autisme sangat pesat, diperkirakan 1 diantara 10 anak menderita autisme. Kepustakaan lain menyebutkan 1-20 kasus dalam 10.000 orang, bahkan ada yang mengatakan 1 diantara 1000 anak. Pada tahu 2003 di Indonesia angka kejadian autisme mencapai 0,15-0,2 %,angka ini meningkat tajam dibanding tahun yang lalu. (Hadiyanto,2003). Berdasarkan survei tentang penderita autisme di Sumatera Barat,khususnya kota Padang pada tahun 2006 terdapat 8 yayasan yang menangani anak autisme,yaitu: Yayasan Pengembangan Potensi Anak (YPPA), Yayasan Bina Mandiri Anak (Yayasan BIMA) , Solusi terapi autisme, Harapan Bunda, Kasih Umi, Mitra Ananda, Yayasan Mitra Keluarga Lancar dan Sayang Ibu.

Terkait dengan hal tersebut Prodi D III Kebidanan menyelenggarakan Kuliah Umum Deteksi Dini Anak Autime dengan mengahdirkan Ibu Andriana S. Ginajar yang merupakan salah satu pakar dibidang penangan kasus Autime.

 

 

Kutipan Al-Quran :

"Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S Fatir: 5)"

Berita Lain