184 MAHASISWA DI WISUDA TINGKATKAN MUTU LULUSAN DENGAN STUDENT EXCHANGE

Kajen. Senin (13/10) bertempat di Aula STIKES Muhammadiyah Pekajangan sebanyak 184 mahasiswa yang berasal dari Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners di wisuda. Wisuda saat ini merupakan Wisuda yang ke XIII dimana jumlah wisudawan seluruhnya saat ini mencapai 398  mahasiswa yang dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang I tanggal 11 Oktober 2014 dan Gelombang II Senin tanggal 13 Oktober 2014, mengingat kapasistas gedung yang terbatas.

 Dalam laporan tertulisnya Ketua STIKES Mokhammad Arifin, MKep menyampaikan bahwa saat ini STIKES Muhammadiyah Pekajangan telah melaksanakan Program pertukaran Mahasiswa bekerjasama dengan Universitas Khon Kaen Thailand pada bulan Agustus-September 2014 lalu. Program ini diikuti oleh 6 orang Mahasiswa Profesi yang hari ini ikut diwisuda merupakan Gelombang Perdana karena baru pertama kali dilakukan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi tonggak awal untuk di capainya milestone STIKES Muhammadiyah Pekajangan pada tahun 2025 kelak yang mentargetkan STIKES Muhammadiyah Pekajangan dapat diperhitungkan ditingkat ASIA.

“ Sebenarnya banyak yang berminat di Program pertukaran Mahasiswa ini namun sesuai kuota kami hanya bisa menerima 6 sesuai perjanjian dengan KKU Thailand. Kita berharap kedepan kuotanya dapat ditambah dan berkelanjutan. Tentu tidak hanya Mahasiswa STIKES yang ke sana, sesuai agenda Insyaallah April 2015 Mahasiwa dari KKU Thailand juga akan ke Indonesia untuk tujuan yang sama “kata Ketua STIKES disela-sela wisuda prodi D III  sabtu  lalu.
“  Dalam pertukaran mahasiswa tersebut  mahasiswa tidak hanya mengenal lebih jauh tentang perawatan  gawat darurat di Thailand  namun juga diminta oleh Kedutaan Besar RI menjadi “duta wisata” Indonesia dalam berbagai event. Mahasiswa tidak hanya dituntut trampil di klinik namun juga bisa melakukan karya seni “ imbuhnya
Program Student exchange ini diharapkan dapat ikut membantu dalam mewujudkan misi baru STIKES Muhammadiyah Pekajangan “Menjadi institusi pendidikan kesehatan yang bermutu di Jawa Tengah berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2017.” Yang salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan Nasional maupun Internasional terkini yang terintegrasi dengan nilai-nailai Islami.

 Dalam wisuda kali ini Tampil sebagai wisudawan baik  dari Prodi S1 Keperawatan : Nur Fahma (3,69,) Retno Widianti (3,64), dan Faizatul Mukaromah (3,41) sedang kandari Profesi : Ardiansah, Arofah, Indah Kurniawati, Ndari Anisa Garbani, Praptin Zulaekho, Spatika parasdyasih, dan Sri Mulyaningsih (semua dengan IPK 3,98).

STIKES Muhammadiyah Pekajangan mempunyai komitmen untuk selalu  meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengajukan Akreditasi Intitusi Perguruan Tinggi pada bulan Agustus lalu, juga melakukan perbaikan-perbaikan dan penambahan sarana prasarana di seluruh jajaran baik prodi yang yang sudah berjalan yaitu D III Keperawatan dan Kebidanan, S1 Keperawatan   juga prodi baru S1 Farmasi dan S1 Fisioterapi yang tahun ini sudah ada mahasiswanya.

Kutipan Al-Quran :

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya bershaf-shaf (bersusun, berbaris-baris) seolah mereka adalah bangunan yang tersusun kokoh." (As-Shaff : 4)

Berita Lain