Program Studi S1 Fisioterapi

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secaramanual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis). Pelatihan fungsi, komunikasi. (Kepmenkes RI No. 1663/MENKES/SK/XII/2001)
 
Jumlah Fisioterapis di Indonesia yang berkesempatan memperoleh pendidikan 4 tahun diluar negeri masih sangat terbatas. World Confederation for Physical Tharapy telah menganjurkan pendidikan minimal 4 tahun dalam pendidikan Universitas atau setara dengan universitas.
 
Program studi (S1) Fisioterapi dibuka untuk antisipasi tingginya kebutuhan kebutuhan dan minat masyrakat terhadap profesi ini di Indonesia sampai saat ini baru ada 8 (delapan) perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi ini sehingga peluang alumni bekerja di masyarakatan lebih besar.
 
Kompetensi Lulusan
Lulusan program studi fisioterapi STIKES Muhammadiyah Pekajangan dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan untuk menggunakan prinsip dan metode fisioterapi dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program-program bersifat preventif dan promotif, tanpa mengabaikan program yang bersifat kuratif dan rehabilitatif; merencakan, mengelola dan mengevaluasi upaya-upaya perbaikan kemampuan gerak dan fungsional sesuai dengan situasi dan kondisi individu dan masyarakat daerah setempat dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada; mendidikan dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan; menggunakan hasil-hasil penelitian untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi upaya-upaya peningkatan kemampuan gerak dan fungsional.
 
Profesi dan karir lulusan sarjana Fisioterapi dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, klinik kesehatan dan fisioterapi mandiri, organisasi olah raga (KONI, PSSI, PBSI, PERBASI dan lain-lain, pusat kesehatan di perusahaan, pusat kebugaran dan instansi kesehatan lainnya.

Kutipan Al-Quran :

"Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S Fatir: 5)"

Berita Lain