Profil STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia, yang memiliki tanggung jawab dalam menyiapkan sumber daya manusia khususnya di bidang kesehatan. STIKES Muhammadiyah Pekajangan yang merupakan penggabungan dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan dengan penambahan Program S1 Keperawatan sangat berkompeten dan telah memiliki pen galaman yang cukup panjang dalam dunia pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan penyiapan Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan. Oleh karena itu STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan sebagai lembaga pendidikan senantiasa menggiatkan peningkatan sumber aya manusia yang berdaya saing dalam penelitian Ilmu pengetahuan, peningkatan akses dan adaptasi terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
das 
 Sebagai sebuah lembaga pendidikan pendidikan tenaga kesehatan STIKES muhammadiyah Pekajangan Pekalongan telah memulai aktivitasnya sejak tahun 1983. Dalam waktu kurang lebih 24 tahun berkecimpung dalam dunia pendidikan kesehatan, institusi ini suda
h cukup dkenal di tengah masyarakat. Alumninyapun tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri.

Sebagai sebuah Perguruan Tinggi STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan selalu mengembangkan diri dalam pelayanan akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk mengimplementasikan hal tersebut maka STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan mengembangkan program :
  1. Pengembangan sumberdaya manusia Indonesia seutuhnya, yang memiliki budaya iImu pengetahuan, memiliki kemampuan akademik yang unggul, memiliki ketrampilan terhadap teknologi yang mumpuni, berdaya saing global di era informasi dan tetap memiliki karakter nasionalisme yang tinggi.
  2. Membangun Intelektualitas kehidupan bangsa Indonesia.
  3. Membangun peradaban berlandaskan kebudayaan positif, ilmu pengetahuan dan seni
  4. Menyiapkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya yang produktif sehingga mampu berdaya saing di era globalisasi.
  5. Mencetak lulusan sarjana S1, Diploma yang unggul dan kompetitif.
  6. Mengembangan penelitian inovatif dan penemuan baru dalam bidang teknologi dan informasi bagi kesejahteraan masyarakat.
Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan pada awalnya adalah Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang berdiri pada tahun 1983-2003. Sekolah ini pada tahun 1989 mendapat kepercayaan u ntuk mengelola Program Pendidikan Bidan dari Depkes RI. Dalam perkembangannya pada tahun 1995 berdiri Akademi Keperawatan (Akper) dan pada tahun 2002 berdiri pula Akademi Kebidanan (Akbid) Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Kedua akademi ini yang bergabung menjadi satu dengan penambahan satu program pendidikan Strata satu (S 1) Keperawatan. Berdirinya Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendididikan Nasional (Mendiknas) No.43/D/O/2005 Tertanggal 18 April 2005.

 
Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan bertujuan untuk membantu menciptakan tenaga kesehatan (Keperawatan dan Kebidanan) yang profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa Pancasila, kreatif, dinamis, inofatif, tanggap terhadap pembaharuan ilmu dan teknologi, serta peduli terhadap permasalahan masyarakat yang terkait dalam bidang kesehatan.


Alamat :

Kampus I Jl Raya Pekajangan No 87 Pekalongan Tlp/Fax (0285) 785783, 7901632, 785179

Kampus II Jl Raya Ambukembang No 7 Kedungwuni Pekalongan Telp 785939 

Kutipan Al-Quran :

"Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S Fatir: 5)"

Berita Lain