Bentuk Wahana Edukasi dan Kemandirian Pangan, Kebidanan UMPP rangkul Perumahan Villa Pisma Asri Kabupaten Pekalongan

UMPP.ac.id, Kedungwuni - Program Studi DIII, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) mendapatkan hibah dariKementrian Riset dan Teknologi (KEMENRISTEK DIKTI) dalam program kemitraan Masyarakat (PKM) yang di gunakan untuk menfasilitasi warga di Perumahan Villa Pisma Asri Desa Podo Kec. Kedungwuni Pekalongan memanfaatkan sampahorganik rumah tangga menjadi pupuk cair organic dan pakan ternak.
Program Kemitraan Masyarakat ini mulai berjalan pada bulan Maret 2019 dan direncanakan dilanjutkan hingga bulan November 2019. Sebagai langkah meningkatkan kepedulian masyarakat akan fenomena penumpukan sampah yang semakin meningkat, Prodi DIII Kebidanan bersama BEM menfasilitasi warga perumahan villa pisma asri melalui serangkaian kegiatan mulai dari sosialisasi pilah sampah pada ibu-ibu, bapak-bapak, anak dan remaja, dilajutkan dengan penyegaran komunitas dan pengkaderan anggota komunitas peduli lingkungan Villa Pisma Asri dengan bentuk pelatihan biokonversi sampah organic rumah tangga, aplikasi pemilahan dan pengolahan sampah sampai pada pembentukan wahana edukasi berupa urban farming dan kolam bioflok sebagai media pemanfaatan hasil pengolahan sampah.
"Program ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi sampah dalam rumah tangga terutama di Perumahan Villa Pisma Asri dan diharapkan tanaman sayuran dan ikan yang sudah ada dapat dilanjutkan sehingga hasilnya dapat dirasakan bersama oleh warga", Tutur Bapak Ahmadi, RT 06 RW 05 Desa Podo Kec. Kedungwuni, Rabu (12/9).
"Kegiatan program kemitraan masyarakat ini bertujuan mengajak serta masyarakat dalam kemandirian pemanfaatan pengolahan sampah organik rumah tangga sehingga dapat mengangkat nilai ekonomi maupun kemandirian pangan," Ujar Bu Nur Chabibah, Ketua PKM Waduk Pangan Bio-Somat Ini, Rabu (12/9).
Menurutnya, Pemilahan sampah rumah tangga akan sulit dilakukan kalo tidak diawali dari dapur, sehingga pemilahan awal sampah dalam rumah tangga adala di dalam rumah, bukan di depan rumah, ini yang seharusnya ditekankan didalam sosialisasi dengan masyarakat.
Selain itu Ruang terbuka hijau yang ada di perumahan dapat dimanfaatakan secara lebih optimal oleh warga untuk pembuatan urban farming sehingga hasil yang didapatkan dari pemilahan dan pengolaha sampah tidak hanya pengurangan sampah saja tetapi juga bernilai produktif bagi masyarakat.

Kutipan Al-Quran :

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Imran: 139)"

Berita Lain