Gagal SMPTN? Ini Nih Solusi Cerdasnya...

 

sumber hipwee.com

 

   (Sumber: hipwee.com)

 

 Hallo remaja Indonesia? Setelah mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri, bagaimana nih kabarnya? Admin percaya bahwa ada sebagian dari kalian yang saat ini sedang berbahagia karena lulus SMPTN, ada juga yang mungkin bersedih lantaran gagal lolos seleksi masuk perguruan tinggi favorit kalian.

Nah, bagi yang sukses lolos seleksi, admin ucapkan selamat ya semoga proses ke depan akan lebih baik dan lancar selalu.

Sedangkan bagi yang gagal lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri favorit, tetap tenang..tetap bahagia...jangan bersedih hati ya, karena admin akan kasih tau nih beberapa tips agar besok kalian bisa lebih sukses.

Yuk intip solusi bagi kalian yang Gagal Lolos SMPTN berikut ini:

1. Tetap Tenang, Tarik Nafas Panjang

Ya..meskipun stress bisa melanda pada kita yang gagal lolos SMPTN, namun saran admin sebaiknya kita tetap tenang, tarik nafas panjang. Jangan biarkan stress melanda. Kenapa tenang ini penting dilakukan? Ya, karena hanya dengan diri yang tenang lah nantinya kita dapat merencanakan hal lain yang lebih baik. Dengan hati dan pikiran yang lapang akan membuat pikiran kita tetap terbuka. Coba lakukan rileksasi dengan tarik nafas panjang, dan rasakan bahwa kita bisa lebih tenang dan meneirma kegagalan dengan lapang dada. 

 2. Yakin

Yakin adalah hal sangat penting. Yakin bahwa ini adalah hasil final terbaik bagi Kita. Yakin bahwa akan ada jalan lain yang lebih menyenangkan. Yakin bahwa akan ada masa depan yang lebih baik. Yakin bahwa akan ada perguruan tinggi yang lebih pas buat kita. So, tak perlu bersedih ya..stay calm, dan tanamkan yakin sedalam-dalamnya bahwa ada rencana Alloh yang lebih baik untuk kita.

 

3. Evaluasi Diri dan Susun Strategi Baru 

Setelah gagal masuk SMPTN, saatnya menyusun strategi baru yuk...rencanakan hal-hal penting untuk kemajuanmu esok hari. Rencanakan aktivitas kita dalam satu sampe empat bulan ke depan. Evaluasi kira-kira kemarin gagal karena faktor apa?  Contoh evaluasi: evaluasi seberapa keras usahamu, seberapa kuat doamu, seberapa rajin kamu belajar, dll. Buatlah list evaluasi untuk kemudian rencanakan strategi baru agar kegagalan itu tidak terulang. 

 

4.  Evaluasi Pilihan Jurusan dan Susun Daftar Pergruan Tinggi Sasaran

Setelah evaluasi proses, sekarang saatnya evaluasi pilihan jurusan kemarin. Jangan-jangan memang jurusan yang kita pilih tidak sesuai dengan pasiion kita, jangan-jangan kemarin saat pilih jurusan hanya ikut-ikutan teman, dll.  Sekarang ulangi lagi, Bismillah, buat daftar perguruan tinggi dan jurusan lain yang mungkin bisa kita masuki. Buat daftar perguruan tinggi beserta kelebihan dan kekurangan perguruan tinggi tersebut. tentukan mana yang mau dipilih. Sebagai salah satu referensi, kamu bisa memilih Perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Di STIKES Muhammadiyah Pekajangan terdapat banyak program studi, diantaranya adalah Prodi DIII Kebidanan.  Prodi ini sudah berpengalaman mendidik para calon bidan unggulan dan tersebar di puluhan puskesmas dan rumah sakit di Jawa Tengah dan di Indonesia.

 

5. Doa

Doa adalah puncak segala usaha. Doa sebagai pelengkap ikhtiyar kita. Doa sebaiknya. MInta doa kepada orangtua dan orang-orang terdekat agar dapat lolos seleksi ulang pada perguruan tinggi favorit kita.

Kutipan Al-Quran :

"Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S Fatir: 5)"

Berita Lain